Jumat, 21 Desember 2012

Guitar Akustik (acoustic)


Guitar/ Gitar akustik (dan instrumen serupa) dengan tubuh berongga, telah digunakan selama lebih dari seribu tahun lalu. Terdapat tiga jenis utama gitar akustik modern: gitar klasik (nylon-string gitar), gitar akustik string baja, dan gitararchtop.

Nada dari sebuah Guitar/ Gitar akustik dihasilkan oleh getaran senar, yang diperkuat oleh tubuh gitar, berkerja sebagai ruang yang beresonansi. Gitar klasik sering dimainkan sebagai alat solo dengan menggunakan teknik fingerpicking komprehensif. 

Gitar secara kata Inggris adalah GuitarGitarre Jerman, danPerancis guitare diadopsi dari guitarra Spanyol, yang berasal dari bahasa Arab Andalusia qitara قيثارةر sendiri berasal dari cithara Latin, yang pada gilirannya berasal dari kithara κιθάρα Yunani Kuno, dan diperkirakan pada akhirnya melacak kembali ke bahasa Persia Lama. Tar berarti string dalam bahasa Persia.

Meskipun kata gitar diturunkan dari kata Latin cithara, gitar modern itu sendiri umumnya tidak diyakini telah diturunkan dari instrumen Romawi. Banyak pengaruh dikutip sebagai pendahulu terhadap gitar modern.

Gitar klasik biasanya terangkai dengan string nilon, memetik dengan jari, bermain dalam posisi duduk dan digunakan untuk memainkan keragaman gaya musik termasuk musik-musik yangklasik. Lebar Gitar klasik, leher datarnyamemungkinkan musisi untuk bermainsecara sisik, arpeggio, dan bentuk-bentuk chord tertentu dengan lebih mudah dan dengan gangguan string yangkurang berdekatan dari pada gaya gitaryang lain

Gitar Flamenco adalah yang sangat mirip dalam segi konstruksi, tetapi dikaitkan dengan nada yang lebih perkusif.




Gitar flamenco mirip dengan gitar klasik, tapi konstruksinya ringan, dengan tubuh cemara dan terlihat rapi pada bagian atas. Tuningnya berbentuk pasak seperti yang biola yang tradisional, meskipun banyak gitar flamenco modern memiliki kepala denganmesin. Sebuah fitur yang membedakan dari semua gitar flamenco adalah pelat sadap (golpeadores) terpaku pada meja, untuk melindungi mereka terhadap keran kuku yang merupakan fitur penting dari gaya flamenco.

     Banyak solois modern (mengikuti jejak Paco de Lucía) memainkan apa yang disebut dengan Negra flamenca, hibrid dari flamenco dan konstruksi gitar klasik.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar